Selamat Datang Di Atsauri's Blog NURUL 'ILMI fakultas pertanian universitas sumatera utara

25 April 2013

PENGARUH SUHU UDARA TERHADAP PERTUMBUHAN KEDELAI




PENGARUH SUHU UDARA TERHADAP PERTUMBUHAN KEDELAI

            Menurut  Beatrik ( 2002 ) di dalam skripsinya menyatakan bahwa suhu udara yang dikehenadaki tanaman kedelai adalah antara 21-340 C. Akan tetapi  suhu yang optimum bagi pertumbuhan tanaman kedelai adalah 23-27 derajad celcius.Pada proses perkecambahan benih kedelai memerlukan suhu yang cocok sekitar 30 derajad celcius.Saat panen, kedelai yang jatuh pada musim kemarau akan lebih baik dari pada musim hujan, karena berpengaruh terhadap waktu pemasakan biji dan pengeringan hasil. Berdasarkan isi skripsi tersebut dapat disimpulakn bahwa tanaman kedelai tidak menghendaki suhu udara yang terlalu tinggi dan suhu udara yang terlalu rendah. Karena suhu udara yang terlalu tinggi dan terlalalu rendah akan dapat memperhambat pertumbuhan tanaman kedelai dan dapat menyebabkan kematian.
            Menurut Arifin ( 2008) suhu udara berpengaruh terhadap kecepatan metabolisme terutama fotosintesis dan respirasi tanaman. Pada suhu lingkungan yang lebih rendah daripada suhu dasar maka pertumbuhan tanaman berhenti ( dorman ), sedangkan apabila suhu lebih tinggi daripada suhu maksimum maka tanaman akan mati ( letal ). Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa tanaman seperti kedelai membutuhkan suhu kardinal, yaitu kisaran kesesuaian suhu minimum, optimum dan maksimum untuk pertumbuhan tanaman dan perkembangan tanaman. Kisaran toleransi terhadap suhu yang berbeda tiap kultivar menyebabkan kisaran toleransi terhadap ketinggian tempat yang berbeda-beda pula untuk setiap jenis kultivar, karena ketinggian tempat merupakan salah satu faktor pengendali iklim yang berpengaruh kuat terhadap suhu udara.
            Berdasarkan hasil penelitian Purwanti ( 2004 ) tentang “ kajian suhu ruang simpan terhadap kualitas benih kedelai kuning dan kedelai hitam ” dapat diproleh bahwa :
1.      Terdapat interaksi antara kulit benih kedelai dan suhu ruang simpan
2.      Benih kedelai hitam yang disimpan dalam kantong plastik dan kaleng pada suhu rendah dan tinggi selama 6 bulan, mampu mempertahankan daya tumbuh ( > 90% ) dan vigor serta pertumbuhan bibit yang tinggi.
3.      Benih kedelai kuning yang disimpan  pada suhu  rendah dapat mempertahankan daya tumbuh ( 80% ), vigor dan pertumbuhan yang tinggi. Penyimpanan pada suhu tinggi menyebabkan penurunan kualitas benih dipercepat mulai dua bulan disimpan (41,0%).
4.       Penyimpanan benih kedelai hitam dan kuning pada suhu  rendah mampu
       mempertahankan kualitas benih tetap tinggi selama enam bulan disimpan.
            Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa kedelai hitam masih dapat  mempertahankan daya tumbuh dan vigor yang tinggi walaupun di tempatkan pada suhu rendah dan tinggi. Sedangkan kedelai kuning hanya mampu mempertahankan daya tumbuh dan vigor yang tinggi pada suhu rendah saja. Hal ini disebabkan adanya perubahan kadar air benih telah naik sekitar 1 % dari kadar air awal mulai bulan keempat penyimpanan, perbedaan ini sangat berpengaruh terhadap kualitas benih.
            Menurut Kartono ( 2004 ) dalam jurnalnya menyatakan agar benih kedelai dapat disimpan dalam waktu yang lama dengan mutu dan daya kecambah yang tetap tinggi, maka diperlukan penanganan pascapanen yang baik, perawatan benih kedelai yang baik, dan ruang penyimpanan yang suhu dan kelembabannya dapat diatur. Ruangan yang baik untuk menyimpan benih kedelai adalah yang bersuhu < 20 derajad celcius dan RH < 50%.  Dalam penyimpanan benih ini juga disarankan agar menggunakan kemasan kedap udara dengan ruang suhu < 20 derajad celcius. Karena dengan hal tersebut dapat mempertahankan daya kecambah benih sampai lima tahun.

KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
1.      Suhu udara yang dikehendaki tanaman kedelai adalah berkisar 21-34 derajad celcius. Sedangkan suhu optimumnya berkisar 23-27 derajad celcius.
2.      Keadaan suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tanaman kedelai mati ( letal ) dan keadaan suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman kedelai berhenti ( dorman ).
3.      Pengaturan suhu udara yang baik dapat mempertahankan daya kecambah benih kedelai selama bertahun-tahun, yaitu pada suhu 20 derajad celcius dengan menggnakan kemasan kedap udara.
4.      Terdapat interaksi antara warna kulit benih kedelai dengan suhu ruang simpan. Yaitu benih kedelai hitam lebih kuat mempertankan kualitas daya tumbuh benih dibandingkan beih kedelai putih.
SARAN
            Sebaiknya penelitian dilakukan dengan penuh kesungguhan dan lebih hati-hati agar diproleh data yang akurat.

           
           
           




1 comment:

  1. Maaf Kak mau tanya. Untuk sitasi yang Beatrik 2002, apakah ada dapusnya? Bisa didapat dimana ya Kak, skripsi Kak Beatrik itu? terimakasih

    ReplyDelete